Obat kanker |  Perusahaan |  Tanya Jawab |  Testimonial |  Kontak Kami |  Strategi Memerangi Kanker |  Research
obat kanker Typhonium Plus
Pengobatan herbal untuk Kanker
pesan sekarang

MENGENAL TUMOR JINAK PAYUDARA


Banyak wanita yang selama hidupnya pernah mengalami timbulnya benjolan payudara dan hal ini seringkali membuat mereka khawatir. Padahal tidak semua benjolan payudara adalah kanker payudara.

Pada kenyataannya, banyak benjolan payudara yang terdeteksi pada saat mamografi tidaklah berbahaya. Kita menyebutnya tumor (jinak) payudara. Ada bermacam macam jenisnya, antara lain: fibroadenoma, nekrosis lemak, papiloma intraduktal, dan tumor filodes.

FIBROADENOMA

Fibroadenoma banyak ditemui pada wanita remaja dan wanita usia muda. Benjolan fibroadenoma seukuran kacang ijo dan dapat tumbuh lebih dari satu.

phyllodes

Belum diketahui apa penyebab timbulnya fibroadenoma namun diduga terkait dengan factor hormonal. Fibroadenoma banyak terjadi pada masa masa usia produktif wanita, dan dapat membesar selama periode kehamilan ataupun terapi estrogen.

Bagi wanita yang kerap terkena Fibroadenoma disarankan untuk membatasi asupan makan makanan yang tinggi hormon, seperti: kecambah dan produk produk turunan kedelai.

Fibroadenoma dapat tumbuh besar dan mendistorsi bentuk payudara. Bila ini terjadi, dokter mungkin menyarankan dilakukannya operasi pengangkatan benjolan, atau disebut dengan: lumpektomi.

Pada beberapa wanita yang usianya mulai menanjak dewasa, fibroadenoma dapat mengecil dengan sendirinya. Memiliki fibroadenoma bukan berarti semakin besar resiko terjadinya kanker payudara.

PAPILOMA INTRADUKTAL

Bila Anda menemukan kutil kecil (lihat gambar) yang tumbuh di area payudara dan yang kadang mengeluarkan darah dari area putting, maka kemungkinan Anda terkena papiloma intraduktal. Tumor payudara ini terdiri dari jaringan glandular, jaringan ikat dan pembuluh darah.

papiloma

Papiloma intraduktal menyerang wanita berusia 40-50 tahun. Bagi wanita yang memiliki beberapa papiloma intraduktal, dokter mungkin menyarankan operasi pengangkatan tumor. Keberadaan penyakit ini sedikit meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita.

TUMOR FILODES

Tumor filodes tergolong jenis tumor payudara yang langka yang menyerang jaringan penghubung payudara dan biasanya jinak meskipun ukurannya dapat sangat besar. Pada beberapa kasus tumor filodes dapat menjadi kanker.

phyllodes
source: http://santoshpath.blogspot.com/2011/09/benign-phyllodes-tumor-of-breast.html



Pada kasus jinak, tumor filodes diobati dengan cara operasi pengangkatan: yaitu mengangkat tumornya dan sebagian kecil jaringan normal payudara. Bila sudah menjadi kanker, maka lebih banyak lagi jaringan normal payudara yang diangkat, atau bisa jadi seluruh payudara diangkat (mastektomi). Tumor filodes tipe ganas tidak berespon terhadap terapi hormon dan kurang responsif terhadap kemoterapi ataupun radioterapi. Kurang dari 10 wanita meninggal setiap tahunnya akibat jenis kanker yang langka ini.

NEKROSIS LEMAK

Bila payudara Anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan rusaknya sel sel lemak, maka Anda mungkin mengalami benjolan yang berisi jaringan lemak yang sudah mati: disebut nekrosis lemak. Nekrosis lemak lebih umum dialami oleh wanita yang obesitas dan berpayudara besar. Nekrosis lemak ini dapat salah diartikan sebagai kanker payudara.

Disarikan oleh tim CancerHelps dari berbagai sumber

Tag: tumor payudara, tumor jinak payudara, kanker payudara, tumor, kanker, fibroadenoma, benjolan payudara


This site is part of the Cancerhelps.com 2013 All Rights Reserved. Privacy | Terms All content posted on this site is commentary or opinion and is protected.